Tugas 3 Business Intelligence

Business Intelligence (BI) adalah umbrella term yang menggabungkan arsitektur, perangkat/instruments, database, aplikasi dan methodologi. In-depth reporting Software Business Process Management (BPM) memang mampu memberikan report dan analisis, namun cukup sederhana dan hanya bertolak pada kondisi intern. Data warehouse adalah knowledge yang dimiliki suatu perusahaan yang bersifat besar dan sudah berkualitas yang sudah dipakai sejak perusahaan berdiri. Menurut Rainer & Turban (2009, p412), Database adalah sekelompok file yang berhubungan secara logika yang menyimpan data dan saling berkaitan. Business Intelligence : Data Mining and Optimization for Decision Making, John Wiley & Sons Ltd, United Kingdom.business intelligence

Sebuah dasar enterprise intelligence yang terintegrasi dapat menolong Bank Central secara konstan mengevaluasi indicator performa dari sistem perbankan, dan mengawasi kesehatan sistem perbankan, posisi likuiditas dan ketaatan pada norma-norma kebijaksanaan. Production data, demographic info, sales figures and the like may be synthesized into a type useful for making higher strategic enterprise choices. Istilah Business Intelligence (BI) pertama kali didengungkan pada tahun 1958 oleh seorang peneliti dari IBM yang bernama Hans Peter Luhn.business intelligencebusiness intelligence

Dunia ini terlampau indah untuk dirusak, hanya untuk kekecewaan karena seseorang tidak ,mencapai sesuatu yang sudah direncanakan.Kelemahan banyak orang adalah terlalu banyak mikir membuat rencana sehingga ia tidak segera melangkah, yang penting adalah action. Apakah disebabkan menurunnya semangat kerja, coaching yang amburadul, persaingan antarkaryawan yang tak sehat atau alasan lainnya.

As performance administration (PM) and business intelligence (BI) proceed to top the checklist of strategic initiatives, maximizing the inherent worth of all enterprise knowledge is a high precedence. Namun, kelemahan utama Star Schema (seandainya Data Modeller nya kurang cukup berpengalaman dalam pemodelan yang advanced) adalah karena dia terutama diperuntukan untuk spesifik kebutuhan analisa tertentu (scope yang terbatas). Pada umumnya, information warehouse menyimpan information histori beberapa tahun dan diquery untuk keperluan enterprise intelligence atau aktifitas analisis lainnya.

Data Mining adalah serangkaian proses untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara handbook. PT Coca Cola Distribution Indonesia dan Ayala Corporation dari Filipina tercatat telah mengadopsi komponen software Enterprise Performance Management (EPM) dan Business Intelligence (BI) dari Oracle. Business Intelligence berguna untuk mengefisienkan finansial, manusia, materials serta beberapa sumber daya lainya.