What Is Business Intelligence (BI)?

Business Inteligence sebagai bidang teknologi IT dengan perkembangan adopsi yang sangat pesat belakangan ini tentunya menuntut pemahaman yang komprehensif baik di tingkat konsep maupun praktis, sehingga dapat dieksplorasi maupun diimplementasikan sebagai suatu solusi strategis dan kritis pada tingkat institusi, organisasi, perusahaan maupun pada tingkat particular person. Business Intelligence dapat membantu meningkatkan efisiensi dan memudahkan seseorang dalam melakukan pekerjaannya, dapat menghemat waktu, dan mudah dalam pemanfaatannya. Meskipun ini adalah toko digital, namun display yang ditunjukkan hampir sama dengan toko aktual. Salah satu penerapan customer credit analysis adalah penerapan model penilaian kredit nasabah (Ince & Aktan, 2009).business intelligencebusiness intelligence

Business intelligence itu sendiri adalah sebuah istilah manajemen bisnis yang berkenaan dengan aplikasi dan teknologi yang digunakan untuk mengambil, menyediakan dan menganalisa knowledge dan informasi mengenai operasi perusahaan. Data mart adalah suatu bagian pada information warehouse yang mendukung pembuatan laporan dan analisa data pada suatu unit, bagian atau operasi pada suatu perusahaan.

Menurut David (2000), Business Intellegence adalah suatu cara untuk mengumpulkan, menyimpan, mengorganisasikan, membentuk ulang, meringkas information serta menyediakan informasi baik berupa data aktifitas bisnis internal perusahaan termasuk aktifitas bisnis pesaing yang mudah diakses serta dianalisis untuk berbagai kegiatan manajemen. Menurut William & Sawyer (2011, p164), Database adalah setiap koleksi knowledge yang disimpan secara elektronik dalam sistem komputer. Dalam penerapan Business Intelligence di berbagai bidang maupun perusahaan pasti mempunyai tujuan yang sama tanpa terkecuali. Selain itu, sistem enterprise intelligence membutuhkan kapasitas data yang cukup.

Sistem enterprise intelligence dapat membantu perusahaan untuk memiliki pengetahuan yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor yangt mempengaruhi bisnis mereka, misalnya penjualan, produksi, operasi inside dan juga dalam pengambilan keputusan. Business intelligence dapat digunakan juga untuk membantu analis dan manajer menentukan penyelesaian yang paling berpengaruh terhadap tren di pasar.business intelligence

Penerapan business intelligence pada industri perbankan merupakan kunci sukses dalam mengefisiensikan dan mengefektifkan kegiatan bisnis utama dengan kemampuan dalam mendapatkan, mengelola dan menganalisa knowledge nasabah, produk, layanan, kegiatan operasi, pemasok dan rekan kerja dalam jumlah yang sangat besar. Cara yang paling sederhana adalah menyajikan data warehouse pada rentang waktu tertentu, misalnya antara 5 sampai 10 tahun ke depan. Dalam beberapa implementasi data warehouse, data mart adalah miniature knowledge warehouse.