Business Intelligence ~ Bisnis Online Ratih

Business intelligence (BI) is a know-how-driven course of for analyzing data and presenting actionable data to help executives, managers and other company end users make knowledgeable enterprise selections. Secara umum Business Intelligence (BI) merupakan sebuah proses untuk melakukan ekstraksi information-data operasional perusahaan dan mengumpulkannya dalam sebuah information warehouse yang selanjutnya diproses menggunakan berbagai analisis statistik dalam proses knowledge mining, sehingga didapat berbagai kecenderungan atau pattern dari knowledge (Choirul, 2011).business intelligencebusiness intelligence

Data mart adalah suatu bagian pada data warehouse yang mendukung pembuatan laporan dan analisa data pada suatu unit, bagian atau operasi pada suatu perusahaan. Sistem enterprise intelligence dapat membantu perusahaan untuk memiliki pengetahuan yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor yangt mempengaruhi bisnis mereka, misalnya penjualan, produksi, operasi inner dan juga dalam pemgambilan keputusan. Tahap ini dilakukan pengembangan rencana strategis dan taktis yang menghasilkan bagaimana proyek Business Intelligence akan dikerjakan dan di selesaikan.business intelligence

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Huseyin Ince dan Bora Aktan (2009), peneliti membandingkan kinerja dari mannequin penilaian kredit menggunakan pendekatan tradisional dan artificial intelligence (discriminant analysis, logistic regression, neural networks, classification, and regression tree). Business intelligence ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari knowledge dan informasi, dan untuk membantu supervisor dalam memahami kondisi perusahaannya saat ini. Data mining adalah proses mencari pola atau informasi menarik dalam knowledge terpilih dengan menggunakan teknik atau metode tertentu.

Dispersion adalah penyebaran, yang dimaksud dengan dispersion pada monitoring adalah memonitor penyebaran suatu produk dalam perusahaan. E-Mart, sebuah toko grosir di Korea Selatan, mencoba memetakan rute berjalan konsumen di grocery store dengan menggunakan teknologi yang digabungkan antara smartphone dan location-aware system. Level teratas dari piramida reporting adalah manajemen senior yang mungkin hanya butuh dashboard yang menyuguhkan ringkasan informasi yang kritis dalam satu halaman. For extra info, obtain the division’s Business Intelligence Strategy for Phase 2 (pdf, 1.3MB).

Data tersebut adalah hasil dari proses transaksi perusahan / organisasi Karena berasal dari sumber yang berbeda beda tadi, maka data pada datawarehouse harus tersimpan dalam sebuah format yang baku. Meskipun kita bisa melihat hal ini adalah sebuah hal yang lazim terjadi dalam kehidupan sehari-hari konsumen, namun sebuah grocery store (bernama HomePlus) di Korea Selatan mencoba mengemas semua entitas bisnis tersebut menjadi sebuah hal yang bermakna. Dengan penerapan Business Intelligence pada perusahaan, diharapkan manajemen informasi akan dengan mudah diatur seperti pembuatan laporan, pengisian knowledge-knowledge baru, dan lain-lain.